PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.36706/jp.v11i1.16Keywords:
Autentik, HOTS, Rubrik PenilaianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS mata pelajaran ekonomi SMA kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model 4D (four D model) dari Thiagarajan. Subjek ujicoba siswa kelas XI IPS SMAN I dan SMAN 4 Purworejo. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil validasi tahap 1 dari ahli materi, ahli evaluasi dan praktisi diperoleh rerata skor = 3,56 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validasi tahap 2 dari ahli materi, ahli evaluasi dan praktisi diperoleh rerata skor = 3,76 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil ujicoba terbatas diperoleh respon peserta didik dari aspek materi, konstruksi dan Bahasa rerata skor = 3,24 dengan kualifikasi baik, sedangkan pada ujicoba lebih luas diperoleh rerata skor = 3,33 dengan kualifikasi sangat baik. Kesimpulan instrumen yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk menilai hasil pembelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA materi APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi serta kerjasama ekonomi internasional
References
Aitken, N & Pungur, L. 2018. Authentic assessment. Diunduh pada tanggal 13 Mei 2018 dari http://www.ntu.edu
Anggarena, Yogi., dkk. 2022. Panduan pembelajaran dan asessmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Budiastini, Ni Putu Desi. Astawa, Ida bagus Made dan Sriartha, I Putu. 2020. Kualitas Penerapan Asesmen Autentik Berbasis HOTS Guru Geografi SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha Volume 8, Number 2, Agustus 2020, pp. 76-89. http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v8i2.25352
Deni Hadiana dan Asrijanty (Editor). 2019. Panduan penilaian kinerja. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud
Franklin, B. 2018. Authentic assessment. https://educ6040fall10.wikispaces.com.
Majid, A. 2014. Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya
Manuhutu, Silvia. 2021. Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Universitas Pattimura. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE) Volume 1. Nomor 1. Mei Tahun 2021. ISSN 2776-8864. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jpe/article/view/3509
Mueller, J. 2019. Authentic assessment toolbox. Diunduh dari http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox pada tanggal 24 Februari 2019
Murniati Titi, Ernawati dan Bambang Indriyanto. 2021. Instrumen Penilaian Berbasis Lots Dan Hots Buatan Guru. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 3, No. 1 Tahun 2021. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp
Nurgiyantoro, B. 2011. Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Oktanisa, Lanty dan Fitriyati, Dhiah. 2018. Pengembangan asesmen soal berbasis higher order thinking skills pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), volume 6 nomor 3 tahun 2018, halaman 355 361. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p
Palm, Torulf. 2008. Performance assessment and authentic assessment. Practical Assessment, Research & Evaluation Journal, Vol 13, No. 4. https://doi.org/10.7275/0qpc-ws45
Pangestu, Wulan. 2022. Pengembangan soal berbasis higher order thinking skills (HOTS) pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Pransisca, Melinda Niza, dkk. 2018. Pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri se-kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Profit. Volume 4. Nomor 1. Mei Tahun 2017. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5577. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v4i1.5577
Putriyani, S.,Mutmainnah. 2018. Pengembangan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific. Jurnal pendidikan. Volume 2 – Nomor 1, Februari 2018, 1-10. https://ummaspul.ejournal.id/maspuljr/article/download/20/18/
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran berbasis hots (higher order thinking skills). Tangerang: Smart Printing
Setiawati, Wiwik.,dkk. 2019. Buku penilaian berorientasi higher order thinking skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Setyadharma, Arie dan Jaya. 2021. Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis Hots dalam teks eksplanasi di SMA. Jurnal Tuturan Vol. 10, No. 2, November 2021. : https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/6913/3157
Subekti, Dwi dan Krisnawati, Linda. 2019. Modul penyusunan soal hots ekonomi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2017. Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Supriyadi, Gito. 2020. Pengembangan instrumen penilaian berbasis higher order thinking skill (Hots). Yogyakarta. Aswaja Pressindo
Susiana., Sri., dkk. 2019. Pelaksanaan Penilaian Autentik Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 8, No 9 (2019).https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35857. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35857
Viyanti, Rosidin, Undang.,Suyatna, Agus. Laraswati, Merry. 2023. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 10, No. 1, Mei 2023, hal. 1-20. https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/237/195
Widoyoko, Eko Putro dan Setiawan, Budi. 2022. Penilaian autentik, konsep dan implementasi di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Widoyoko, Eko Putro. 2020. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan praktik penelitian kuantitatif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK) research and development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara
Yuliastuti, Elok Gita. 2017. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Mojosari Mojokerto. Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.10, No.1 Tahun 2017. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v10i12017p075
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Putro Widoyoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.