TINGKAT VALIDITAS PENYUSUNAN ASESMEN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR BAGI MAHASISWA PROGRAM PROFESI

Authors

  • Ikbal Barlian Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya
  • Sri Artati Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sriwijaya
  • Mariyani Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sriwijaya
  • Restian Achmad Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sriwijaya
  • Nurillia Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jp.v11i1.14

Keywords:

Asesmen interaktif, Smart apps creator , PPG

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis HOTS maka dilakukan pembiasaan bagi mahasiswa PPG FKIP UNSRI untuk menyusun asesmen interaktif berbasis smart apps creator. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui tingkat validasi ahli terhadap penyusunan asesmen interaktif berbasis smart apps creator. Metode yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan analisa data deskriptif. Dengan menggunakan pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli materi, bahasa dan grafis : 1) hasil uji validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 84% yang dikategorikan baik; 2) hasil uji validasi bahasa dan grafis diperoleh hasil rata-rata 87,5% yang dikategorikan baik; 3) hasil kuesioner ke mahasiswa diperoleh hasil rata-rata 94% yang menyatakan Ya

References

Agustina, R., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Muatan Pembelajaran IPS di Kelas 5: Ditinjau dari Kompetensi Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.9.1.1-14

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dharmayana, I. W., & Alexon. (2019). The Evaluation of The Implementation of Workshops on The Preparation and Development of Learning Tools in the PPG Pre-Service Study Program at the FKIP University of Bengkulu. Triadik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 18, No. 2, 10-32.

Kirana, A., Harjanti, F. D., Anam, F., & Suhartono, S. (2022). Pengembangan Kompetensi Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Teknologi Dan Komunikasi (Tik) Bagi Guru Pamong Sekolah Mitra Ppg Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(11), 2215-2222.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1).

Fudlah, T. N., & Pertiwi, N. A. S. (2023). Uji Validitas Media Pembelajaran Interaktif Microsoft Powerpoint Untuk Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton. Proceedings Of Life And Applied Sciences, 1.

Galih, A., & Iriani, C. (2018). Persepsi mahasiswa program pendidikan profesi guru (PPG) pendidikan sejarah terhadap program PPG. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 66-83

Harjanti, F. D., Anam, F., & Kirana, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Pedagogi Guru Pamong Sekolah Mitra Fakultas bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Melalui Pembelajaran. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 3741-3748.

Hartati, T., Heryanto, D., Nuriyanti, R., Herman, A. S., & Sutedi, R. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge {TPACK) dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PPG SD Prajabatan. Edutech, 18(2), 177-186

Mariyani, M., Chotimah, U., Mauilida, A. A., & Khairunisa, I. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 95-102.

Mariyani, M., Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M., & Galuh, S. (2023, December). Analysis of the need for schoology-based mobile learning development as an effort to strengthen the 4C (critical, collaboration, creative, and communication) skills in students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2621, No. 1). AIP Publishing.

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. [Online]. Tersedia: http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_Definitions_ New_Logo_2015.pdf [Diakses 9 Maret 2016].

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [pdf]. Tersedia: kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf

Mbuju, D. K., Sam, A., & Nardi, M. (2020). Penilaian Sikap Siswa di Sekolah Dasar Seturut Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(1).https://JlpdpgsdUnikastpaulus.Id/Jlpd/Article/View/13% 0ahttps://Jlpdpgsd- Unikastpaulus.Id/Jlpd/Article/Download/13/9

Susilo. (2019). Kendala Guru SD dalam Menerapkan Penilaian Autentik pada Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang , 935–942

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.

Widhiyani, I. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 161-170.

Yuniar, J. (2020). Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Dimensi HOTS (Higher Order Thinking Skills). 1–9

Published

2024-05-15

How to Cite

Barlian, I., Sri Artati, Mariyani, Restian Achmad, & Nurillia. (2024). TINGKAT VALIDITAS PENYUSUNAN ASESMEN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR BAGI MAHASISWA PROGRAM PROFESI . Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 11(1), 19–25. https://doi.org/10.36706/jp.v11i1.14