IMPLEMENTASI E-BOOKLET INTERAKTIF DASAR-DASAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Keywords:
E-Booklet Interaktif, Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan, Hasil BelajarAbstract
Tujuan pelelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-booklet interaktif dasar-dasar akuntansi keuangan terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan melalui Paired-Samples T Test (statistik parametris) menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian terlihat dari hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata tes sebesar 14 dari hasil pretest 68 (kriteria Cukup Baik) meningkat menjadi 82 (kriteria Sangat Baik) di hasil post test. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan implementasi e-booklet interaktif dasar-dasar akuntansi keuangan terhadap hasil belajar dengan interpretation sangat besar (di atas 1,00). Hasil ini menunjukkan penggunaan media pembelajaran terbukti sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran, untuk itu dosen diharapkan dapat mengembangkan dan menggunakan berbagai macam media belajar baik cetak, audio, visual, audiovisual, dan media digital dalam proses pembelajaranReferences
Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/499
Amalia, N. I., Yuniawatika, & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282–291. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p282
Auer, F., Lee, C. S., & Felderer, M. (2020). Continuous Experiment Definition Characteristics. Proceedings - 46th Euromicro Conference on Software Engineering and Advanced Applications, SEAA 2020, 186–190. https://doi.org/10.1109/SEAA51224.2020.00041
Brandt, J. O., Bürgener, L., Barth, M., & Redman, A. (2019). Becoming a competent teacher in education for sustainable development: Learning outcomes and processes in teacher education. International Journal of Sustainability in Higher Education, 20(4), 630–653. https://doi.org/10.1108/IJSHE-10-2018-0183
Bustang, Fansury, A. H., & Rahman, A. W. (2021). Digitalization of Nursing English Learning Media Based on E-Book in Improving Student Learning Outcomes at STIK. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i2.101
Dwijayani, N. M. (2018). Development of circle learning media to improve student learning outcomes Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Farihatun, S. M., & Rusdarti. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Hartikainen, S., Rintala, H., Pylväs, L., & Nokelainen, P. (2019). The Concept of Active Learning and the Measurement of Learning Outcomes: A Review of Research in Engineering Higher Education. Education Sciences, 9(4), 9–12. https://doi.org/10.3390/educsci9040276
Krismadinata, K., Elfizon, E., & Santika, T. (2019). Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course. Proceedings of the 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018), 299(Ictvet 2018), 305–308. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.69
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo.
Lingga, A. D., & Silitonga, P. M. (2022). Penerapan Media E-Booklet dalam Pembelajaran Ikatan Kimia di SMA. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 316–320. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.90
Muslim, S., Gitama, N. P., Suprianto, B., Rahmadyanti, E., & Kusumawati, N. (2018). Influence of learning media based on adobe flash professional to psychomotor domain learning outcomes on plc courses viewed from level of creative thinking student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.21552
Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068
Nur Afni Oktavia, S., Sedyati, R. N., & Tiara, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Dengan QR Code Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 10(1), 21–29. https://doi.org/10.36706/jp.v10i1.19646
Open Knowledge Maps. (2023). Knowledge Map of E-booklet Interaktif. Open Knowledge Maps. https://openknowledgemaps.org/map/3a1f7ac24996868ae304a7a2eaf42f9d
Ponto, H. (2020). The Evaluation of Affective Domain Learning Outcome in Students’ Basic Learning of Electrical Circuit in Vocational Education School. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, 17(2–3), 1222–1226. https://doi.org/https://doi.org/10.1166/jctn.2020.8793
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Pratiwi, V. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik Dosen Pengampu Mata Kuliah Dalam Implementasi Computer Assisted Instruction (CAI). Education Journal : Journal Education Research and Development, 3(2), 163–172. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.209
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Penerbit Andi.
Safitri, N. Q. L., & Prananta, R. (2022). Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electronical Journal of Social and Political Sciences, 9(4), 393–405. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/e-sospol.v9i4.36929
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Apri Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and Pedagogical Models: Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejecs/311
Susilo, M. T., Prameswari, G. N., Sobihin, Supriyadi, A., Majdiyyah, M., Febriansyah, I. A., Khakim, L., Febriyanti, A. R., & Ayurestu, D. (2022). Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Sekolah Melalui Media Interaktif E-Book di Era New Normal Covid-19. Sport and Nutrition Journal, 4(1), 7–12. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/spnj/
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pemelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.144
Winch, C. (2023). Learning Outcomes: The Long Goodbye: Vocational Qualifications in the 21st Century. European Educational Research Journal, 22(1), 20–38. https://doi.org/10.1177/14749041211043669
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Toyib, Depi Pramika, Sukardi, Erma Yulaini, Anita, Tesa Mayjota
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.